Lakukan Pemasangan Saklar dan Soket Listrik dengan Aman

Written by Hokione on January 31, 2023
Penentuan tata letak saklar dan soket harus diperhatikan agar mudah dijangkau oleh perangkat elektronik serta aman dari jangkauan anak-anak.
Lakukan Pemasangan Saklar dan Soket Listrik dengan Aman

Saat Anda memiliki rumah yang baru, tentunya sebelum menempati rumah tersebut Anda akan melakukan eksplorasi dulu ke sekitar dalam dan luar rumah. Anda akan berkeliling melihat setiap sudut rumah secara detail, berapa jumlah ruangan, lokasi kamar, dapur dan tolet dan lain sebagainya. Tentunya yang lebih penting lagi, Anda akan berfikir tentang bagaimana akses sumberdaya listrik yang ingin Anda gunakan, di mana saja titik-titik listrik yang ingin Anda tampatkan. Apakah Anda tahu ketinggian ideal setiap soket atau sakelar? Yuk, kita bahas di sini Simak beberapa tips yang mungkin akan banyak membantu Anda.

 

Energi listrik hadir di hampir semua hal yang kita lakukan saat ini, kita semakin terhubung dan dioptimalkan. Itulah mengapa sangat penting untuk memikirkan seluruh pemasangan soket dan sakelar saat membuat proyek Anda, untuk menghindari gangguan karena tidak memiliki cukup soket atau soket berlebih di tempat yang tidak berfungsi.

 

Tentu saja, jumlah outlet sangat tergantung pada berapa banyak elektronik dan peralatan yang digunakan di setiap ruangan dan berapa banyak penghuninya. Setidaknya, dalam satu rungan rumah Anda terdapat satu soket untuk setiap 3,5m dinding.

 

Lingkungan seperti dapur, misalnya, penting untuk memikirkan ketinggian ideal setiap soket agar selalu berada di atas meja. Kompor, lemari es, kap mesin, keran listrik, microwave, dan oven semuanya membutuhkan titik daya permanen, jadi sebaiknya Anda memasang model entri ganda. Di kamar tidur, soket di dekat tempat tidur bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pengisi daya dan lampu.

 

Di ruang tamu, perlu memikirkan penataan elektronik: TV, home theater, video game dan penerima untuk sinyal internet dan TV kabel. Tidak lupa bahwa lingkungan ini juga dapat memiliki barang-barang dekorasi yang membutuhkan soket, lampu.

 

Untuk menghindari kerumitan, sangat ideal untuk memulai seluruh proyek Anda dengan perincian, lagi pula, perincian itu akhirnya menjamin lebih banyak kenyamanan dan fungsionalitas. Perlu dipikirkan kebutuhan yang akan dimiliki penghuni dan semua barang yang akan digunakan.

 

Ada baiknya soket dan saklar yang Anda inginkan dapat mengikuti standar yang sesuai agar aman dari jangkauan bayi atau dari air yang menggenang saat Anda membersihkan lantai. Soket dan sakelar dapat dipasang pada 3 ketinggian:

– Rendah: 30 cm dari lantai

– Sedang: 1,20 cm hingga 1,30 cm dari lantai

– Tinggi: 2 m hingga 2,25 cm dari lantai

 

Anda dapat temukan dan membeli saklar, soket dan colokan listrik untuk kebutuhan rumah Anda dengan produk yang berkualitas, bergaransi, resmi, handal agar dalam penggunaannya Anda merasa aman dan nyaman karena terjamin produknya, misalnya produk-produk dari Schneider, Legrand, Simon dan lain sebagainya.